TUGAS SOFTSKILL
1. Pengertian dari desain grafis dari
beberapa ahli?
Ø Menurut Suryanto, Desain Grafis adalah "Aplikasi dari
keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri".
Ø Menurut Danton Sihombing, Desain Grafis adalah "Mempekerjakan
berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan
lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun
ilustrasi".
Ø Menurut Jessica Helfand, Desain Grafis adalah "Kombinasi
kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi
yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan
elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus,
sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat".
Ø Menurut Michael Kroeger, Desain Grafis adalah "Visual
Communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep
melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan
penjajaran".
Ø Menurut Warren, Desain Grafis adalah "Suatu terjemahan dari ide
dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktural dan visual".
Ø Menurut Blanchard, Desain Grafis adalah "Suatu seni komunikatif
yang berhubungan dengan industri, seni, dan proses dalam menghasilkan gambaran
visual pada segala permukaan".
2. Dari pembuatan desain grafis ada
beberapa unsur – unsur yaitu?
Ø Garis atau Line adalah unsur
desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang
lainnya.
Ø Bentuk atau Shape merupakan segala bentuk apapun yang memiliki
dimensi tinggi dan lebar bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris seperti
(lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan sebagainya) dan
bentuk-bentuk yang tidak beraturan.
Ø Tekstur adalah nilai halus dan kasarnya sebuah benda, atau juga bisa
disebut nilai raba.
Ø Ruang atau Space merupakan jarak anatara suatu bentuk dengan bentuk
yang lainnya, yang pada desain grafis biasanya dapat dijadikan sebagai unsur
pemberi efek estetika desain.
Ø Ukuran atau Size adalah unsur lain dalam desain grafis yang
mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
Ø Warna atau Colour adalah elemen dari unsur desain grafis yang
menjadi penarik perhatian paling utama. Penggunaan warna yang tepat akan
berbanding lurus dengan kualitas, citra, keterbacaan, dan penyampaian pesan
dalam desain tersebut.
3. Sebutkan dan jelaskan macam – macam
software untuk desain grafis?
Corel
draw adalah sebuah software / program aplikasi
komputer yang rancang khusus untuk keperluan desain grafis terutama untuk
keperluan editor grafik vektor.
Adobe
Photoshop adalah sebuah software yang digunakan
untuk memperbaiki dan memodifikasi gambar atau foto secara software
photoshopprofesional baik meliputi memperbaiki
obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun.
Adobe
Illustrator adalah Adobe Illustrator merupakan
aplikasi untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar vektor, dimana
aplikasi ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe System.
Adobe
InDesign adalah software yang biasa digunakan untuk
membuat karya design seperti flyer, poster, majalah, brosur, buku, dan koran.
GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster yang
dikembangkan dan didistribusikan secara gratis pada platform Linux.
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat
perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL.
4. Jelaskan pengertian dari animasi dari
beberapa ahli?
Ø Menurut Agus Suheri
pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian
rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.
Ø Menurut Ibiz Fernandes
pengertian animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali
serankaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.
5. Animasi dibagi dalam kategori besar,
yaitu?
Ø Animasi Tradisional adalah sebuah teknik animasi di mana setiap frame digambar menggunakan
tangan.
Contoh
nya :
![Hasil gambar untuk sen to chihiro no kamikakushi](https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/513kIR80mVL._SX342_.jpg)
Ø Animasi Stop Motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi
secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.
Contoh
nya :
![Hasil gambar untuk the lego movie](https://is5-ssl.mzstatic.com/image/thumb/Video4/v4/f1/6f/b1/f16fb1b4-5d39-ea05-2afa-f7cfa13bf782/pr_source.lsr/268x0w.png)
Ø Animasi Komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui
penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi.
Contoh
nya :
Ø Animasi Kombinasi adalah gabungan dari 2 teknik animasi yang
berbeda.
Contoh
nya :
6. 12 prinsip animasi dan
contoh gambar?
Ø Squash & Stretch merupakan gerakan fleksibel
seperti benda yang dihempaskan dan kemudian diregangkan.
Contoh : ![Gambar terkait](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_v8fxp7dAi4uyYmgmEN8oOZzFNQhDtrmJwUSurtEH-iObmCQp0lQhRqrKcALTxVmQyBrZZMPswPrlVqz8389mX2MY61GXtFMDUIguA5YTGlFzLtue4shQ5q5wrKYAF354yf_EcqdjQHvg1LXB1KyY5ghlar-6z-vwj0z6kCT7q2Z8SmkZ9NxWW6MqRD6VrZfauTJpk=s0-d)
Ø Anticipation adalah gerakan yang dilakukan sebagai ancang-ancang untuk
mempersiapkan diri memasuki gerakan yang berikutnya.
Contoh : ![Hasil gambar untuk anticipation animasi gerakan](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_tF09XXIA-m8gOr6406c8Ji9FKsdmQJ9EGl2CdTPOUDQO570lgQfs3Ve2gkO9sAQKZ9skaAkmCFTO44Ne25_oz4J9eTafPVDLnC-8NRiNBf3Bev9XsIkTqM_vXfLhsHUv0=s0-d)
Ø Staging adalah tahap pengaturan suatu set adegan, posisi kamera atau pose
suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah di mengerti oleh
penonton.
Contoh : ![Gambar terkait](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_tLqtPd77XuBvKK78Q5kreAB2jIHyj7pefODAlsQkTDb9Kntf1sbb1SC3AXqch1XdURYnsbGZqy5B3FST4gopo90JqKTh26mHmKpt7YHZH1Jier1Dd1tgcw8HWO=s0-d)
Ø Straight Ahead Action merupakan pendekatan menciptakan gerakan secara berkesinambungan
mulai dari awal tanpa banyak perencanaan akan menjadi seperti apa akhir
gerakannya nanti.
Contoh : ![Hasil gambar untuk straight ahead action and pose to pose animation](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjq-UTqJcykaOY7c3QHxQSAcd0akLI2lTiQbQ0OCrlnJnTatbrQOcih95cJ-qdwnvUF09BKq0Zx2_WiRii0lVKGVoLdKiXgKZXXkDyw7WA-4MrK5kFnn4izxrWBx0GSG7Rohd8Op19Wycaj/s1600/straight+ahead.jpg)
![Hasil gambar untuk straight ahead action and pose to pose animation](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjq-UTqJcykaOY7c3QHxQSAcd0akLI2lTiQbQ0OCrlnJnTatbrQOcih95cJ-qdwnvUF09BKq0Zx2_WiRii0lVKGVoLdKiXgKZXXkDyw7WA-4MrK5kFnn4izxrWBx0GSG7Rohd8Op19Wycaj/s1600/straight+ahead.jpg)
Sedangkan Pose to Pose dilakukan dengan
menentukan terlebih dahulu pose – pose seperti apa yang akan dimiliki oleh
karakter yang akan dianimasikan pada suatu adegan.
Contoh : ![Hasil gambar untuk straight ahead action and pose to pose animation](https://i.ytimg.com/vi/v8quCbt4C-c/maxresdefault.jpg)
![Hasil gambar untuk straight ahead action and pose to pose animation](https://i.ytimg.com/vi/v8quCbt4C-c/maxresdefault.jpg)
Ø Follow through & Overlapping
Action merupakan gerakan susulan pada si karakter
atau benda yang terjadi setelah berhentinya karakter atau benda tersebut.
Contoh : ![Hasil gambar untuk Follow through & Overlapping Action](https://chloemccormick.files.wordpress.com/2016/02/principi_animazione_follow_through.jpg?w=656)
![Hasil gambar untuk Follow through & Overlapping Action](https://chloemccormick.files.wordpress.com/2016/02/principi_animazione_follow_through.jpg?w=656)
Ø Slow In dan Slow Out merupakan gerakan perlambatan yang terjadi pada awal dan akhir
suatu animasi.
Contoh : ![Hasil gambar untuk Slow In dan Slow Out](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_vjAaa7Tf8cxpFjRI58CXQA2vjKB-eXIpx2pERHQZMbua6kjyWDGb5P9R-oU9DGM-UR7K3h6AYIAOVdh_0LHZFPO4eyCt836-y2gVGZ60M37wNfYfjQd01lzp4w_6lYQeuoM8MVLJw_RAE=s0-d)
Ø Arcs merupakan kurva melingkar yang terdapat pada suatu gerakan
ketimbang hanya dengan memakai gerakan lurus saja.
Contoh : ![Hasil gambar untuk arcs gerakan](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjW1PScj76eeWRt4M4yzlAgE0W_kBqsAxvkWyGs5Zpd64_Yi5Uiq_muMsByO65esok6bOolZT_dTV0xxnyvJJAaNzj2wJaXsnlFWQGMKfERGrf0UwZ0VhWVU2byjaRI8DbJB2XbRtZe61wV/s640/arcs.jpg)
![Hasil gambar untuk arcs gerakan](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjW1PScj76eeWRt4M4yzlAgE0W_kBqsAxvkWyGs5Zpd64_Yi5Uiq_muMsByO65esok6bOolZT_dTV0xxnyvJJAaNzj2wJaXsnlFWQGMKfERGrf0UwZ0VhWVU2byjaRI8DbJB2XbRtZe61wV/s640/arcs.jpg)
Ø Secondary Action merupakan gerakan tambahan yang terjadi untuk melengkapi gerakan
utama yang ada.
Contoh : ![Hasil gambar untuk secondary action in animation](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_uBAUA_T6Eb733Wr8rh02R9BWRz3o7KsXWiw2rZxvdkaeXic5S5dkcH3v61RYUUq1g0Z5JDdW8b6qfK7ORA89_Rp7hyqJ6lpP-k2AS2T-02AF4zPQhLlV5pQw-FUhLxk8C0GzCus9qK=s0-d)
Ø Timing ditentukan dari jumlah frame in between yang ada di antara gerakan
suatu benda atau karakter.
Contoh : ![Hasil gambar untuk timing animation](https://i.pinimg.com/originals/c7/26/b2/c726b20700c8abaa129622a0171d45a3.png)
![Hasil gambar untuk timing animation](https://i.pinimg.com/originals/c7/26/b2/c726b20700c8abaa129622a0171d45a3.png)
Ø Exaggeration merupakan gerakan atau ekspresi yang dilebihkan dari yang biasanya
untuk mendapatkan kesan animasi yang lebih meyakinkan.
Contoh : ![Hasil gambar untuk exaggeration animation](https://sites.google.com/site/diegodepalacioanimation/_/rsrc/1458265338271/animation-books/how-to-cheat-in-maya/01-animation-principles/10-exaggeration/Principles_10Exaggeration.JPG)
Ø Solid Drawing adalah gambar yang mempunyai kedalaman perspektif.
Contoh : ![Hasil gambar untuk solid drawing animation](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_t0kGqUHVoa9ejCcn1RFvgKAcHepCE0oCWnpEfYREGW6FqcizW1B6TJhLVmt_6IT9P1iZYYdl5wPN8m4nKe_EJe5DmwxxwSiiKXNAr_unks9aeki4kv-zOL-uuLexcuHcSq03jgID5JYos=s0-d)
Ø Appeal merupakan penampakan dari sebuah karakter yang terlihat mempunyai
karisma tersendiri dan menarik untuk dilihat.
Contoh : ![Gambar terkait](https://i.ytimg.com/vi/ofSblkYMPDk/maxresdefault.jpg)
![Gambar terkait](https://i.ytimg.com/vi/ofSblkYMPDk/maxresdefault.jpg)
7. Software pembuatan
animasi?
Ø Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D.
Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model
cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
Ø Synfig Studio merupakan aplikasi desain grafis untuk membuat animasi 2D (dua
dimensi). Aplikasi ini mampu menciptakan kualitas film animasi yang ciamik dan
cocok digunakan dalam skala industri.
Ø Anime Studio adalah software animasi berbasis 2D yang didistribusikan oleh Smith
Micro Software, pada awalnya didistribusikan oleh LostMarble, dan kemudian oleh
e frontier.
Ø Pivot Animator adalah sebuah aplikasi sederhana yang digunakan untuk membuat
animasi. namun animasi yang di tapilkan dalam bentuk 2D. bentuk animasinya pun
hanya berupa garis dan lingkaran.
Aurora
3D Animation Maker
adalah software yang bisa anda pergunakan untuk membuat berbagai macam bentuk
text, logo,atau animasi efect 3D.
Komentar
Posting Komentar