TUGAS SOFTSKILL

1. Pengertian dari desain grafis dari beberapa ahli?
Ø  Menurut Suryanto, Desain Grafis adalah "Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri".
Ø  Menurut Danton Sihombing, Desain Grafis adalah "Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi".
Ø  Menurut Jessica Helfand, Desain Grafis adalah "Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat".
Ø  Menurut Michael Kroeger, Desain Grafis adalah "Visual Communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran".
Ø  Menurut Warren, Desain Grafis adalah "Suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktural dan visual".
Ø  Menurut Blanchard, Desain Grafis adalah "Suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni, dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan".

2. Dari pembuatan desain grafis ada beberapa unsur – unsur yaitu?
Ø  Garis atau Line  adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya.
Ø  Bentuk atau Shape merupakan segala bentuk apapun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris seperti (lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan.
Ø  Tekstur adalah nilai halus dan kasarnya sebuah benda, atau juga bisa disebut nilai raba.
Ø  Ruang atau Space merupakan jarak anatara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya, yang pada desain grafis biasanya dapat dijadikan sebagai unsur pemberi efek estetika desain.
Ø  Ukuran atau Size adalah unsur lain dalam desain grafis yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
Ø  Warna atau Colour adalah elemen dari unsur desain grafis yang menjadi penarik perhatian paling utama. Penggunaan warna yang tepat akan berbanding lurus dengan kualitas, citra, keterbacaan, dan penyampaian pesan dalam desain tersebut.

3. Sebutkan dan jelaskan macam – macam software untuk desain grafis?
Corel draw adalah sebuah software / program aplikasi komputer yang rancang khusus untuk keperluan desain grafis terutama untuk keperluan editor grafik vektor.
Adobe Photoshop adalah sebuah software yang digunakan untuk memperbaiki dan memodifikasi gambar atau foto secara software photoshopprofesional baik meliputi memperbaiki  obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun.
Adobe Illustrator adalah Adobe Illustrator merupakan aplikasi untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar vektor, dimana aplikasi ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe System.
Adobe InDesign adalah software yang biasa digunakan untuk membuat karya design seperti flyer, poster, majalah, brosur, buku, dan koran.
GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster yang dikembangkan dan didistribusikan secara gratis pada platform Linux.
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL.

4. Jelaskan pengertian dari animasi dari beberapa ahli?
Ø  Menurut Agus Suheri pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.
Ø  Menurut Ibiz Fernandes pengertian animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serankaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.

5. Animasi dibagi dalam kategori besar, yaitu?
Ø  Animasi Tradisional adalah sebuah teknik animasi di mana setiap frame digambar menggunakan tangan.
Contoh nya :
 Hasil gambar untuk sen to chihiro no kamikakushiSen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) (Jepun, 2001)

Ø  Animasi Stop Motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.
Contoh nya :
 Hasil gambar untuk the lego movieThe Lego Movie (2014)

Ø  Animasi Komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik  dan animasi.
Contoh nya :
 Hasil gambar untuk cars movieCARS (2006)

Ø  Animasi Kombinasi adalah gabungan dari 2 teknik animasi yang berbeda.
Contoh nya :
 Hasil gambar untuk jurassic parkJurassic Park (1993)

6. 12 prinsip animasi dan contoh gambar?
Ø  Squash & Stretch merupakan  gerakan fleksibel seperti benda yang dihempaskan dan kemudian diregangkan.
        Contoh : Gambar terkait
Ø  Anticipation adalah gerakan yang dilakukan sebagai ancang-ancang untuk mempersiapkan diri memasuki gerakan yang berikutnya.

        Contoh : Hasil gambar untuk anticipation animasi gerakan
Ø  Staging adalah tahap pengaturan suatu set adegan, posisi kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah di mengerti oleh penonton.
        Contoh : Gambar terkait
Ø  Straight Ahead Action merupakan pendekatan menciptakan gerakan secara berkesinambungan mulai dari awal tanpa banyak perencanaan akan menjadi seperti apa akhir gerakannya nanti.
        Contoh : Hasil gambar untuk straight ahead action and pose to pose animation
Sedangkan Pose to Pose dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu pose – pose seperti apa yang akan dimiliki oleh karakter yang akan dianimasikan pada suatu adegan.

Contoh : Hasil gambar untuk straight ahead action and pose to pose animation
Ø  Follow through & Overlapping Action merupakan gerakan susulan pada si karakter atau benda yang terjadi setelah berhentinya karakter atau benda tersebut.
Contoh : Hasil gambar untuk Follow through & Overlapping Action
Ø  Slow In dan Slow Out merupakan gerakan perlambatan yang terjadi pada awal dan akhir suatu animasi.
Contoh : Hasil gambar untuk Slow In dan Slow Out
Ø  Arcs merupakan kurva melingkar yang terdapat pada suatu gerakan ketimbang hanya dengan memakai gerakan lurus saja.
Contoh : Hasil gambar untuk arcs gerakan
Ø  Secondary Action merupakan gerakan tambahan yang terjadi untuk melengkapi gerakan utama yang ada.
Contoh : Hasil gambar untuk secondary action in animation
Ø  Timing ditentukan dari jumlah frame in between yang ada di antara gerakan suatu benda atau karakter.
Contoh : Hasil gambar untuk timing animation
Ø  Exaggeration merupakan gerakan atau ekspresi yang dilebihkan dari yang biasanya untuk mendapatkan kesan animasi yang lebih meyakinkan.
Contoh : Hasil gambar untuk exaggeration animation
Ø  Solid Drawing adalah gambar yang mempunyai kedalaman perspektif.
Contoh : Hasil gambar untuk solid drawing animation

Ø  Appeal merupakan penampakan dari sebuah karakter yang terlihat mempunyai karisma tersendiri dan menarik untuk dilihat.
Contoh : Gambar terkait
7. Software pembuatan animasi?
Ø  Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
Ø  Synfig Studio merupakan aplikasi desain grafis untuk membuat animasi 2D (dua dimensi). Aplikasi ini mampu menciptakan kualitas film animasi yang ciamik dan cocok digunakan dalam skala industri.
Ø  Anime Studio adalah software animasi berbasis 2D yang didistribusikan oleh Smith Micro Software, pada awalnya didistribusikan oleh LostMarble, dan kemudian oleh e frontier.
Ø  Pivot Animator adalah sebuah aplikasi sederhana yang digunakan untuk membuat animasi. namun animasi yang di tapilkan dalam bentuk 2D. bentuk animasinya pun hanya berupa garis dan lingkaran.
Aurora 3D Animation Maker adalah software yang bisa anda pergunakan untuk membuat berbagai macam bentuk text, logo,atau animasi efect 3D.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Headphone & Headset Gaming Murah Berkualitas Tahun 2018

HASIL REVIEW E-BOOK ITSM

Spesifikasi dari motor Yamaha YZF R25